skip to content | skip to sidebar

Menyusun perencanaan dakwah, berikut langkah-langkah perencanaan dakwah yang harus dlakukan.
Menurut Stoner dalam Agus Sabardi (2000:55), perencanaan merupakan kegiatan yang terbagi dalam empat tahap dan berlaku unntuk semua kegiatan perencanaan pada unsur organisasi[1]. Tahap-tahap perencanaan tersebut adalah sebagai berikut :

Menetapkan Tujuan Atau Serangkaian Tujuan

Prencanaan dimulai dengan keputusan-keputusan tentang apa-apa saja yang dibutuhkan oleh organisasi atau kelompok kerja. Tanpa rumusan tujuan yang jelas, organisasi akan menggunakan sumberdaya-sumberdayanya secara tidak efektif.

Merumuskan Keadaan Sekarang

Pemahaman tentang posisi organisasi dari tujuan yang hendak dicapai atau sumberdaya-sumberdaya yang tersedia untuk pencapaian tujuan yang hendak dicapai adalah sangat penting, karena tujuan dan rencana menyangkut waktu yang akan datang. Hanya dengan menganalisis kondisi organisasi saat ini, rencana dapat dirumuskan untuk menggambarkan rencana kegiatan selanjutnya. Tahap ini memerlukan informasi terutama keuangan dan data statistic yang didapatkan melalui komunikasi dalam organisasi.

Identifikasi Segala Kemudahan Dan Hambatan

Segala kekuatan dan kelemahan serta kemudahan dan hambatan perlu diidentifikasi untuk mengukur kemampuan organisasi dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor dari lingkungan intern dan ekstern yang dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuannya, atau mungkin menimbulkan masalah. Walaupun sulit dilakukan, antisipasi keadaan, masalah, dan kesempatan serta ancaman yang mungkin terjadi di waktu mendatang adalah bagian esensi (pokok) dari proses perencanaan.

Mengembangkan Serangkaian Kegiatan

Tahap terakhir dalam proses perencanaan meliputi pengembangan berbagai alternative kegiatan untuk mencapai tujuan, evaluasi alternative tersebut dan pemilihan alternative terbaik diantara alternative-alternative yang ada untuk mencapai tujuan.

[1] Zasri M. Ali, Dasar-Dasar Manajemen, (Pekanbaru: Suska Press, 2008), h. 15-17.

No comments: Langkah-Langkah Perencanaan Dakwah