skip to content | skip to sidebar

Dalam dakwah juga memiliki beberapa Unsur Perencanaan Dakwah agar dakwah berjalan sesuai dengan harapan dan baik juga benar.
Suatu planning yang baik harus dapat menjawab enam pertanyaan yang disebut dengan unsur-unsur perencanaan agar suatu tindakan atau kegiatan (dakwah) yang dilakukan berjalan dengan baik seperti yang diinginkan. Unsur-unsur dari perencanaan adalah sebagai berikut: What, Why, Where, When, Who, dan How.

What - Tindakan atau kegiatan apa yang harus dikerjakan? 
Kegiatan apa saja yang harus dilakukan organisasi dakwah dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan dan disepakati sebelumnya. 

Why - Mengapa kegiatan tersebut harus dilaksanakan? 
Di dalam unsur ini, perencanaan membutuhkan alasan-alasan mengapa kegiatan dakwah itu harus diselenggarakan dan mengapa tujuan itu harus dicapai. 

Where – Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan? 
Dimana kegiatan-kegiatan dakwah  itu akan diselenggarakan? Pertanyaan ini menjelaskan tentang lokasi fisik suatu lembaga dakwah, tersedianya fasilitas penunjang, transportasi dan lingkungan yang dapat menunjang terjadinya proses kegiatan yang kondusif, sehingga tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut dapat dicapai dengan mudah dan lancar. 

When – Kapan tindakan atau kegiatan tersebut dilaksanakan? 
Perencanaan membutuhkan alokasi waktu kapan kegiatan tersebut harus dimulai serta target waktu yang dibutuhkan agar tercapainya tujuan, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. 

Who – Siapa yang akan melaksanakan kegiatan tersebut? 
Siapa yang akan dan menyelenggarakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan dakwah itu? Dalam unsur who ini, pertanyaan “siapa” menjelaskan tentang siapa-siapa saja yang akan terlibat dan dilibatkan dalam proses pengelolaan kegiatan dan organisasi dakwah tersebut. 

How – Bagaimana cara melaksanakan kegiatan tersebut? 
Unsur ini mempertanyakan bagaimana cara melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut dan penjelasan mengenai tehnik dalam mengerjakan pekerjaan atau kegiatan tersebut. 

No comments: Unsur-Unsur Perencanaan Dakwah