skip to content | skip to sidebar

Syarat-syarat ijtihad di bawah ini harus dikuasai atau dimiliki oleh para Mujatahid. Maka daripadanya mereka layak disebut sebagai Mujtahid.
Syarat-Syarat Ijtihad Untuk Mujtahid adalah pembahasan kedua tentang Ijtihad setelah pembahasan tentang Pengertian Ijtihad dan Dasar-Dasar Hukum Ijtihad. Berikut pembahasannya :

Orang yang melakukan ijtihad disebut dengan Mujtahid, sebagai seorang mujtahid untuk melakukan ijtihad harus memenuhi beberapa syarat ijtihad di bawah ini, yaitu :
  1. Mujtahid Mengerti Bahasa Arab, Syarat ini disepakati oleh ulama, karena kedua dasar hukum berasal dari Qur’an dan Hadits berbahasa arab.
  2. Mujtahid Memahami Tentang Al-Qur’an Dan Nasikh-Mansukh, Yang menyatakan demikian termasuk Imam Syafi’i mengingat bahasa ayat-ayat Al-Qur’an tidak semuanya jelas dan terperinci.
  3. Mujtahid Mengerti Tentang Sunnah.
  4. Mujtahid Mengetahui Hal-Hal Yang Diijma’kan Dan Yang Diihktilafkan, Para ulama sepakat tentang syarat ini, tapi tidak mesti menghafal semua masalah yang telah diijma’kan dan diikhtilafkan.
  5. Mujtahid Mengerti Tentang Qias, Menurut Imam syafi’i, syarat ini sangat penting karena qias sangat identik dengan ijtihad, bahkan ijtihad sering diebut dengan qias.
  6. Mujtahid Mengetahui Maksud-Maksud Hukum, Seorang mujtahid harus mengerti tentang maksud dan tujuan syariat yang mana harus bersendikat pada kemaslahatan umat.
  7. Mujtaid Memiliki Pemahaman dan Penilaian Yang Benar, Syarat ini bertujuan untuk lebih mengarahkan dalam membedakan pendapat yang kuat dan yang lemah.
  8. Sebagian Ulama Ada Juga yang Mensyaratkan, Bahwa seorang mujtahid harus berhati bersih dan berniat lurus karena hal tersebut dapat mempermudah memecahkan masalah.
Demikianlah syarat-syarat ijtihad bagi para Mujtahid yang Za-edotCom Blog kutip dari arsip makalah materi kuliah Metodologi Studi Islam milik pribadi. Semoga bermanfaat dan cukup sekian pembahasan singkat tentang syarat-syarat Ijtihad bagi Mujtahid.

Sumber Refrensi Syarat-Syarat Ijtihad Bagi Mujtahid :
Hakim, Abdul, Metode Studi Islam, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 1999.
Moede, rogarsyah, Buku Pintar Dakwah, Intimedia dan Ladang Pustaka, Jakarta, 2001.
Yatim, Pardi, Pendidikan Agama Islam, PT. Bumu Aksara, Jakarta, 2004.


syarat bagi orang yang melakukan ijtihad

No comments: Syarat-Syarat Ijtihad Untuk Mujtahid